TIFFA NEWSTIFFA NEWS
  • HOME
  • BERITA
  • OLAHRAGA
  • KAMTIBMAS
  • POLITIK
  • PPS
  • NUSANTARA
  • GALERI
  • OPINI
  • OTHERS
    • PUSTAKA
    • BUDAYA
    • EKONOMI
    • HANKAM
    • HAM
    • JEJAK
    • GAYA HIDUP
    • INTAN JAYA
    • SOSOK
Search
Reading: Nasabah Bank di Merauke Terjebak Mengantri: Internet Ambyar, Pelayanan Melambat
Share
TIFFA NEWSTIFFA NEWS
Search
  • HOME
  • BERITA
  • OLAHRAGA
  • KAMTIBMAS
  • POLITIK
  • PPS
  • NUSANTARA
  • GALERI
  • OPINI
  • OTHERS
    • PUSTAKA
    • BUDAYA
    • EKONOMI
    • HANKAM
    • HAM
    • JEJAK
    • GAYA HIDUP
    • INTAN JAYA
    • SOSOK
Have an existing account? Sign In
Follow US
© 2022 RAKA for Tiffa Company. All Rights Reserved.
TIFFA NEWS > News > BERITA > Nasabah Bank di Merauke Terjebak Mengantri: Internet Ambyar, Pelayanan Melambat
BERITA

Nasabah Bank di Merauke Terjebak Mengantri: Internet Ambyar, Pelayanan Melambat

Last updated: 19/08/2025 - 23:28
By bungben
Share
SHARE

TIFFANEWS.CO.ID – Pelayanan di salah satu cabang Bank Mandiri di Kabupaten Merauke menuai kritik, setelah sejumlah nasabah mengeluhkan antrean panjang yang membuat mereka menunggu cukup lama hingga hampir siang. Pasalnya, antrean yang seharusnya singkat berubah menjadi pengalaman kurang menyenangkan bagi para nasabah yang berharap dilayani cepat dan efisien.

“Saya sudah mengantri sekitar dua jam di sini, dan sampai hampir siang hari belum juga dilayani,” ungkap salah seorang nasabah yang ditemui media, Selasa (19/7/2025).

Keluhan ini bukan tanpa alasan. Gangguan serius pada jaringan internet di wilayah Merauke menyebabkan layanan perbankan online yang biasanya lancar terhenti. Akibatnya, banyak transaksi yang seharusnya dapat dilakukan secara digital kini terpaksa dilakukan secara manual, langsung melalui mesin ATM atau pelayanan di cabang. Situasi ini memperlambat proses dan menambah beban antrean.

Keluhan nasabah Bank Mandiri muncul dalam konteks yang lebih luas yakni melemahnya konektivitas internet di Merauke yang berulang kali terganggu.

Trending Now:  Frits Tobo Wakasu: Pemuda Papua Selatan Harus Menjaga Jati Diri Lewat Nilai-Nilai Kebangsaan

Laporan menyebut bahwa terputusnya kabel optik bawah laut ruas Merauke-Timika adalah salah satu penyebab utama gangguan layanan telekomunikasi dan internet di wilayah tersebut.

Pada 16 Agustus 2025, kabel optik putus merenggut akses internet. Tidak hanya di kota, tetapi juga membayangi perekonomian lokal seperti UMKM yang tergantung pada pemesanan online. Salah satu pelaku UMKM menyatakan kehilangan hingga 90% pendapatannya selama masa gangguan.

Untuk mengatasi situasi darurat, Telkom Merauke memasang backup link satelit untuk menjaga layanan tetap berjalan. Namun, kapasitas dan stabilitas jaringan cadangan ini terbatas.

Fenomena ini bukan insiden satu kali. Dalam satu tahun saja, jaringan internet di Merauke tercatat putus hingga beberapa kali dan masalah berulang yang memicu kemarahan dari masyarakat terhadap pihak Telkom Papua.

Bank, terutama lembaga sebesar Bank Mandiri, memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah. Waktu pelayanan adalah kunci kualitas layanan. Sebaik apa pun sistem operasional internal, jika infrastruktur pendukung seperti jaringan internet tidak memadai, seluruh proses bisa terganggu  dari autentikasi digital hingga penyelesaian transaksi.

Trending Now:  Jaga Alam dan Lingkungan, Balai Taman Nasional Wasur Gelar Pelatihan untuk Generasi Muda

Pelayanan maksimal berarti melakukan efisiensi waktu setiap nasabah datang ke bank berhak dilayani dalam waktu yang wajar, bukan berjam-jam.

Pemulihan cepat ketika gangguan terjadi, bank harus sigap meminimalkan dampak terhadap nasabah. Misalnya, dengan membuka lebih banyak loket layanan, menyediakan formulir manual, atau memfasilitasi antrian prioritas.

Secara keseluruhan, antrean panjang nasabah di Merauke bukan hanya masalah operasional cabang Bank Mandiri, tetapi mencerminkan tantangan infrastruktur yang lebih besar: jaringan internet yang rapuh. Diperlukan sinergi antara penyedia layanan telekomunikasi dan lembaga keuangan agar pelayanan publik, apalagi di sektor vital seperti perbankan dapat berjalan optimal tanpa hambatan teknis yang merugikan masyarakat.(ron)

You Might Also Like

Gangguan Internet Berulang di Merauke, KNPI: Jangan Tergiring Isu, Telkom Harus Bertanggung Jawab !

Papua Selatan Tetapkan RPJPD 2025–2045: “Buku Putih” Dua Dekade Pembangunan

Pepera 1963 ke Indonesia Emas 2045, BMP : Generasi Muda Harus Sekolah

Gubernur Papua Selatan Pimpin Upacara HUT ke-80 RI di Stadion Katalpal Merauke

TAGGED: Telkom Merauk
bungben 19/08/2025
Share this Article
Facebook Twitter Whatsapp Whatsapp Telegram Email Print
What do you think?
Love0
Sad0
Happy0
Sleepy0
Angry0
Dead0
Wink0
Previous Article Gangguan Internet Berulang di Merauke, KNPI: Jangan Tergiring Isu, Telkom Harus Bertanggung Jawab !
Leave a comment

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow US

Find US on Social Medias
Facebook Like
Twitter Follow
Youtube Subscribe
Telegram Follow
- Advertisement -
Ad imageAd image
- Advertisement -
Ad imageAd image
newsletter featurednewsletter featured

Weekly Newsletter

Kirim Email Anda agar bisa kami infokan berita pilihan terpopuler

Popular News
BERITAEKONOMINUSANTARAPPS

Yayasan Mitra Cendekia Waskita Resmikan Dapur Makan Bergizi Gratis di Merauke, Dukung Program Nasional Gizi

By Ronny Tiffa News 6 days ago
Kukuhkan Paskibraka Intan Jaya, Bupati Aner : “Mari Kita Tunjukkan yang Terbaik”
Gubernur Papua Tengah Apresiasi Bakti Sosial Kesehatan Mata Freeport
Pemprov Papua Selatan Gelar Gladi Bersih HUT RI ke-80
Pimpin Upacara HUT RI ke-80, Bupati Intan Jaya: “Kemerdekaan Sejati adalah Pelayanan yang Mulia”

SUARNEWS.COM

about us

We influence 20 million users and is the number one business and technology news network on the planet.

  • BERITA
  • PON XX 2021
  • GALERI
  • KAMTIBMAS
  • NUSANTARA
  • PUSTAKA
  • GAYA HIDUP
  • JEJAK
  • SUARNEWS
  • INTAN JAYA
  • Susunan Redaksi
  • Tentang Kami
  • Contact
  • Privacy Policy
  • Disclaimer

Find Us on Socials

© TIFFANews Network. RAKA GENDIS.id Company. All Rights Reserved. Suar News

Removed from reading list

Undo
Welcome Back!

Sign in to your account

Lost your password?